Minggu, 12 Februari 2012

Makanan yang menyehatkan jantung

 
 
Sudahkah Anda menjaga kesehatan jantung Anda ? Penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia, termasuk di Indonesia. Data dari RS.Pusat Jantung & Pembuluh Darah Nasional “Harapan Kita” rata- rata hampir sekitar 15-20 pasien dirawat tiap harinya dan sekitar 350-400 yang berobat kepoliklinik.

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan cerdas memilih makanan. Berikut daftar makanan yang bisa membuat jantung Anda sehat dan kuat:
Gandum  
Saat sarapan pagi Anda bisa memulai hari dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa Anda temukan dalam bubur gandum dan makanan sereal, yang di dalamnya terkandung gluten, yakni sebuah serat larut yang membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga membantu dalam pencernaan.

Apel  
Apel memiliki kandungan flavonol yang disebut quercetin. Terbilang efektif membantu mencegah pembekuan darah dan merupakan sumber vitamin dan serat.

Bluberry  
Blueberry merupakan buah kecil dengan manfaat yang menakjubkan karena mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan kandungan kandungan anthocyanidins yang tinggi, sehingga menjadi pilihan tepat sebagai makanan penyehat jantung. Selain itu, blueberry juga kaya kandungan serat yang berperan untuk menurunkan kolesterol.

Salmon
Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung pada salmon dapat mengurangi peradangan, risiko pembekuan darah dan kadar kolesterol. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi dua sampai tiga kali per minggu.

Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau mengandung sulforaphane yang bisa melindungi pembuluh darah dari penyumbatan, hal ini bisa mengurangi penyebab serangan jantung.

Tomat
Tomat mengandung Likopen, ini mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan, dan usus besar. Kandungan lain yang terdapat dari tomat adalah kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat, dan zat fitonutrien, yang sangat menyehatkan tubuh.  

Anggur Merah
Buah anggur yang berwarna merah dan ungu merupakan makanan sumber flavonoid terbaik, sedangkan anggur hijau yang sesungguhnya berwarna putih atau pucat tidak mengandung flavonoid. Flavonoid berkhasiat memperlancar aliran darah dalam tubuh, mencegah reaksi oksidasi kolesterol LDL, dan mengurangi terbentuknya plak di pembuluh darah.

Masukkan daftar makanan di atas dalam menu harian Anda sejak dini, kolaborasikan dengan olah raga secara teratur untuk mendapatkan jantung yang sehat. Jangan lupa bahwa kesehatan adalah anugerah dari Tuhan, mengucap syukurlah dalam segala hal dan selalu bersukacita untuk memiliki tubuh yang sehat.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
') }else{document.write('') } }