Minggu, 21 Oktober 2012

7 Alat Pilihan Yang Unik dan Inovatif dari Djarum Black Innovation Awards


Sejak tahun 2007, perusahaan Djarum selalu mengadakan kompetisi yang bernama Djarum Black Innovation AwardsKompetisi ini melombakan desain karya berbentuk alat yang merupakan pengembangan ide, dan fungsi sehingga memunculkan bentuk karya baru yang lebih kreatif, yang selanjutnya bisa dipakai oleh semua orang. Pada tahun ini Djarum Black juga mengadakan kompetisi ini dan pendaftarannya dimulai dari tanggal 1 Februari sampai 18 Mei 2012. Kali ini Campurandom akan berbagi karya-karya pilihan yang menurut Campurandom unik dan inovatif dari para peserta Djarum Black Innovation Awards.

1. GARBEX

Alat ini diciptakan untuk mewujudkan 0% limbah pertanian, Plastik polibag merupakan limbah pertanian karena hanya digunakan sekali pakai untuk satu benih tanaman sesudah itu dibuang dan menjadi sampah. GARBEX digunakan untuk menggantikan plastik polibag dan dapat digunakan berkai-kali. Cara kerjanya sama seperti pot tanaman, tetapi GARBEX dapat dibuka tutup (belah) ketika akan memindahkan benih ke media lain, sehingga alat ini masih bisa digunakan berkali-kali untuk benih yang lain.

2. TRAVELIA

Gantungan baju seringkali kali diremehkan saat kita bepergian. Volume yang memakan tempat pada travel bag merupakan salah satu faktor penyebabnya. TRAVELIA, merupakan inovasi desain gantungan baju yang sengaja dibuat compact dan dapat ditempatkan dimana saja saat penggunaannya. TRAVELIA memiliki ujung yang berbahan maghnet yang dapat ditempel pada benda berbahan metal.

3. DUANG

Duang adalah alat ventilasi tanpa menggunakan energi listrik ataupun bahan bakar. Duang didesain untuk mengantikan udara kotor dalam ruangan dengan udara bersih alami secara otomatis (berbeda sekali dengan AC atau Exhaust fan yg memerlukan energi listrik).

Duang juga didesain agar manusia terbiasa menghirup udara bersih tanpa olahan alat pendinginan, sehingga akan lebih sehat dan juga menghemat energi. Duang didesain oleh saya karena saya merasa kepanasan di sebuah rumah kontrakan, setelah saya perhatikan ternyata ventilasi ruangan tidak didesain dengan baik maka terpikirlah ide pembuatan duang.

 Dengan melakukan percobaan didapatlah desain alat yg sekarang ini diberi nama DUANG. Percobaan dilakukan dengan alat-alat sederhana, saya menggunakan sebuah botol air mineral bekas dan digunakan kertas sebagai mockup, dan dibantu asap rokok untuk simulasi pengaliran udara (asap=terlihat). Sehingga saya yakin alat ini akan mampu mengganti alat ventilasi yg dominan menggunakan listrik.

4. SIGILIP

Sigilip adalah sikat gigi fleksibel yang bisa dimasukan dalam dompet. Karena berbentuk seperti kartu dengan ukuran sebanding dengan kartu ATM. Alat ini tinggal dilipat membentuk sikat gigi dan agar kuat untuk digunakan pada sisi yang dilipat terdapat lapisan magnet kuat untuk mengunci lipatannya. Alat ini sangan bermanfaat bagi karyawan yang sering lembur dan juga bermanfaaat saat ada kegiatan mendadak seperti rapat. Simpel, murah dan sangat bermanfaat.

5. FLOA

FLOA merupakan  sarana proteksi banjir bagi warga yang tinggal didaerah banjir. Dengan alat ini warga tidak perlu memindahkan barangnya kelantai dua lagi. FLOA menerapkan system pelampung pada bagian atasnya sehingga akan secara otomatis akan menyesuaikan dengan ketinggian banjir.

6. GASER

Beberapa pekerjaan dalam pelaksanaan suatu bangunan seperti mengecat, mengaci tembok, memasang plafon dan instalasi membutuhkan alat untuk berada pada posisi yang lebih tinggi. Alat konvensional seperti tangga lipat kurang nyaman untuk melakukan pekerjaan tersebut, tukang bangunan biasanya membuat dek sederhana dari bambu / kayu untuk mengatasinya, namun ketinggiannya tidak dapat diubah serta kurang fleksibel saat dipindahkan letaknya. 

Pemakaian scaffolding / steger bisa lebih fleksibel namun tingginya tetap dan menambah biaya bila menyewa.GASER dirancang untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Alat ini merupakan modifikasi dari tangga geser dengan sistem knockdown dan lebih memudahkan dalam pengaturan ketinggian. Desainnya simpel dan fungsional, pekerjaanpun dapat dilakukan dengan lebih nyaman dengan adanya alas duduk , selain itu mudah untuk memindahkan posisi terutama di dalam ruangan.Bila tidak digunakan, dengan sistem knockdownnya GASER dapat diringkas sehingga tidak memerlukan banyak ruang untuk penyimpanannya. Alat ini cocok digunakan oleh kontraktor, pemborong, tukang bangunan ataupun perorangan.

7. EYUB

EYUB adalah payung serbaguna. Di waktu hujan, ia akan berlaku seperti payung biasa. Namum di saat terik, ia tak hanya menjaga Anda dari sinar matahari, EYUB memiliki kipas air dan menggunakan teknologi solar. Anda akan terlindung dari matahari, sejuk karena angin, ditambah sedikit percikan air yang menyegarkan. Dengan teknologi solarnya, EYUB juga bisa digunakan untuk mengisi ulang telepon genggam Anda.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
') }else{document.write('') } }